Pengertian Seni Secara Umum dan Sejarahnya

Oleh Syawir
Minggu, 07 Mei 2006 07:34:05 Klik: 293866 Cetak: 645 Kirim-kirim Print version download versi msword

Kata "seni" adalah sebuah kata yang semua orang di pastikan mengenalnya, walaupun dengan kadar pemahaman yang berbeda. Konon kabarnya kata seni berasal dari kata "SANI" yang kurang lebih artinya "Jiwa Yang Luhur/ Ketulusan jiwa". Mungkin saya memaknainya dengan keberangkatan orang/ seniaman saat akan membuat karya seni, namun menurut kajian ilimu di eropa mengatakan "ART" (artivisial) yang artinya kurang lebih adalah barang/ atau karya dari sebuah kegiatan. Namun kita tidaka usah mempersoalkan makna ini, karena kenyataannya kalu kita memperdebatkan makna yang seperti ini akan semakain memperkeruh suasana kesenian, biarlah orang memilih yang mana terserah mereka.

Berdasarkan penelitian para ahli menyatakan seni/karya seni sudah ada + sejak 60.000 tahun yang lampau. Bukti ini terdapat pada dinding-dinding gua di Prancis Selatan. Buktinya berupa lukisan yang berupa torehan-torehan pada dinding dengan menggunakan warna yang menggambarkan kehidupan manusia purba. Artefak/bukti ini mengingatkan kita pada lukisan moderen yang penuh ekspresi. Hal ini dapat kita lihat dari kebebaan mengubah bentuk. Satu hal yang membedakan antara karya seni manusia Purba dengan manusia Moderen adalah terletak pada tujuan penciptaannya. Kalau manusia purba membuat karya seni/penanda kebudayaan pada massanya adalah semat-mata hanya untuk kepentingan Sosioreligi, atau manusia purba adalah figure yang masih terkungkung oleh kekuatan-kekuatan di sekitarnya. Sedangkan manusia moderen membuat karya seni/penanda kebudayaan pada massanya digunakan untuk kepuasan pribadinya dan menggambarkan kondisi lingkungannya "mungkin". Dengan kata lain manusia moderen adalah figure yang ingin menemukan hal-hal yang baru dan mempunyai cakrawala berfikir yang lebih luas. Semua bentuk kesenian paa jaman dahulu selalu ditandai dengan kesadaran magis; karena memang demikian awal kebudayaan manusia. Dari kehidupan yang sederhana yang memuja alam sampai pada kesadaran terhadap keberadaan alam

Pada awalnya seni diciptakan untuk kepentingan bersama/milik bersama.karya- karya seni yang ditinggalkan pada masa pra-sejarah digua-gua tidak pernah menunjukan identitas pembuatnya. Demikian pula peninggalan-peninggalan dari masa lalu seperti bangunan atau artefak di mesir kuno, Byzantium, Romawi, India, atau bahkan di Indonesia sendiri. Kalupun toh ada penjelasan tertentu pada artefak tersebut hanya penjelasan yang menyatakan benda/bangunan tersebut di buat untuk siapa". Ini pun hanya ada pada setelah jaman, katanya para ahli arkiologi sich saya sendiri tidak tahu pasti. Kita bisa menyimpulkan kesenian pada jaman sebelum moderen kesenian tidak beraspek individulistis.

Sejak kapan fungsi individulistis dari seni mulai tampak ?, katanya para sejarawan lagi, beliau-beliau mengatakan sejak seni memasuki jaman moderen. Kenapa ini bisa terjadi ? (ini kata saya sedikit mengutip kata-kata para ahli yang terdahulu). Karena mengikuti pola berfikir manusia yang maunya mencari kebaruan dan membuat perubahan (entah baik atau buruk).

Begini ceritanya :Dalam sejarah seni terjadi banyak pergeseran. Sejak renaisans atau bahkan sebelumnya , basis-basis ritual dan kultis dari karya seni mulai terancam akibat sekularisasi masyarakat. Situasi keterancaman itu mendorong seni akhirnya mulai mencari otonomi dan mulai bangkit pemujaan sekular atas keindahan itu sendiri. Dengan kata lain fungsi seni menjadi media ekspresi, dan setiap kegiatan bersenian adalah berupa kegiatan ekspresi kreatif, dan setiap karya seni merupakan bentuk yang baru, yang unik dan orisinil. Karena sifatnya yang bebas dan orisinal akhirnya posisi karya seni menjadi individualistis.

Seni pada perkembangannya di jaman moderen mengalami perubahan atau pembagian yakni seni murni atau seni terapan/ seni dan desain yang lebih jauh lagi seni dan desain oleh seorang tokoh pemikir kesenian yang oleh orang tuanya di beri nama Theodor Adorno di beri nama "Seni Tinggi" untuk Seni Murni dan "Seni Rendah" untuk Seni Terapan atau Desain. Karena menurutnya dalam seni tinggi seorang seniman tidak dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal (kebutuhan pasar/bertujuan komersial) dalam menciptakan sebuah karya seni/murni ekspresi, sedangkan seni rupa rendah adalah seni yang dalam penciptaannya dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal. Adorno menganggap seni harus berbeda harus berbeda dengan benda lain (barang); ia harus mempunyai "sesuatu". Sesuatu itu tidak sekedar menjadi sebuah komoditas. Karena sebuah karya atau benda yang sebagai komoditas akan menghancurkan semangat sosial, pola produksi barang yang menjadi komoditas adalah pola yang ditentukan dari atas oleh seorang produsen.

Terakhir kita menuju pada jaman Post-moderen/Kontemporer. Di jaman Kontemporer ini bentuk kesenian lebih banyak perubahannya baik secara kebendaan atau kajian estetiknya, yang lebih dahsyat lagi landasan logikanya. Mungkin disini saya akan memberi sedikit ilustrasi :

Di era Kontemporer ini aturan-aturan yang telah ada seolah-olah dihancurkan, yang dulunya karya seni itu harus menyenangkan, sekarang malah bisa sebaliknya. Yang dulunya karya seni itu setidaknya masih mempertimabangkan etika sosial, etika agama atau etika-etika yang lain, namun sekarang mungkin kesemuanya itu bisa jadi hanya sebagai aturan usang. Radikal,.ya..???. itu hanya kelihatannya ????.

Kondisi ini terjadi karena seniman sudah pada titik jenuh dan marah "mungkin". Marah atau jenuh pada siapa :1. Pada lingkungannya atau pada sesutau yang telah ada2. Atau para seniman marah dan muak pada perlakuan pasar kapitalismeyang menurutnya terlalu radikal terhadap karya seni. Yang sedikit-sedikit karya seni itu dinilai dengan nominal. Padahal karya seni itu sebelum dinilai adalah "nol". Selebihnya adalah makna, ide, representasi, rekreasi, acuan etik, dokumentasi "politik" dan "sejarah", perlawanan, luka, kekecawaan, paradigma, atau sekedar main-main belaka, dll (ini katanya Adi Wicaksono yang sepertinya seorang kritikus seni yang dari Jogya itu..Lho..!!!!). 3. Atau para seniman marah pada kritikus yang dalam kritiknya memberikan pemaknaan yang terlalu sembrono sehingga esensi pesan dari karyanya menjadi tidak-karuan.

Di era kontemporer ini juga banyak lahir bentuk seni yang baru semisal: 1. Klik Art : yang dalam pembuatannya seseorang tidak harus membuatnya dengan Hand Made (melukisnya sendiri). Dalam Klik Art ini siapa saja bisa membuat lukisan dengan memanfaatkan gambar yang ada atau lukisan orang lain yang mungkin di rubah atau ditambahi bahkan dikurangi. Tapi perlu di ingat dalam klik art ini kamu harus bisa mengoperasikan komputer dan progaram- progaramnya yang di gunakan dalam kegiatan ini, misalnya: Corel Draw, Photosop, atau yang lainnya, begitu.2. Net Art : adalah bentuk seni yang mana dalam pamerannya dilakukan diruang maya (Internet), di net art ini kamu bisa mengubah gambarnya juga lho, atau mengurangi dan menambahi, atau mungkin kamu mangganti ini sial pembuatnya dengan namamu itu sah-sah saja tidak ada yang melarang kok. Namun perlu di ingat walaupun kamu merubah atau mengganti inisial pencipta pada karya net art ini sipembuat akan semakain bangga karena ia merasa menang dan puas karena karyanya ternyata interaktif dan lebih parah lagi kamu sudah masuk perangkap permainan sang pembuat. Satu lagi yang terkenal bukan kamu namun si pemilik situs dimana karya itu di muat,...tahu nggak ////// kapok kon salah' e dewe. Tapi asik kok coba saja. 3. Vidio Art/vidio instalasi : vidio art ini tidak beda dengan seni instalasi yang mana dalam aktulisasinya si seniman memanfatkan teknologi telvisi yang terkoneksi dengan vidio, atau komputer, jadi pesan yang ingin di sampaikan si kreator itu di serahkan pada seonggok mesin, tapi kadang si kreator juga menyertakan tubuhnya atau tubuh orang lain, yang sepertinya kita melihat itu mirip seni pertunjukan, namun ini bukan seni pertunjukan lho, karena masih ada unsure rupa-nya, namun juga bukan seni rupa lho karana dalam vidio art ini unsure gerak, bunyi, dan sastra juga di pakai. Dan banyak bentuk seni-seni yang lain saja sedikit lupa dan sudah capek menyebutkan satu-persatu, tapi mungkin dari kalian sudah ada yang tahu bahkan lebih tahu dari say,...he.he..he..e..ee..eeeh.ehhhh.. ehhhk..grokhg. !!!!!!!. huwek cuihhhhhhh. ( Sori ya sedikit agak kopros soale aku wis bosen ngetik)

Yang jelas pada jaman kontemporer ini sekat antara cabang-cabang seni berusaha dihilangkan atau bahkan sudah hancur, maksudnya sekat antara cabang seni itu adalah:...., yang dulunya ada seni rupa sendiri, lantas seni tari, seni musik, atau mungkin seni-seni yang bau itu Lho !! Yang ada adalah hanya kata dan bentuk kesenian yang mempunyai hasil atau artefak yang bisa dinikmati, diapresiasi, diinterprestasi, diperjual belikan atau kalau menurut kamu jelek bisa di caci maki..bebaslah yang penting tidak sampai menyinggung perasaan yang membuat, karena apa nanti kamu bisa-bisa di caci maki ganti, atau lebih parah kamu bisa di-kaplok.

Okey.. Itu cerita saya tentang pengertian seni secara umum beserta sejarahnya

Sumber : http://endonesa.net/ email : Sawir@endonesa.net

 
Berita Wawasan Seni Lainnya
. Between Techniques and Instinctive Framing: 9 Windu Jeihan
. Putusnya Rantai Sejarah Budaya
. Bentuk, Kreativitas dan Penjelajahan Kemungkinan
. Realis Minimalis Menjadi Trend Karya Pelukis Muda
. Typography-Pendahuluan
. Beowulf: Pahlawan Animasi Senyata Manusia Asli
. Raden Saleh, Seniman dan Bangsawan
. Bernilainya Seni
. Seniman Antara Idealisme dan Pasar
. Kritikus Seni Rupa Jembatan Masyarakat?


Ada 51 komentar tentang artikel ini :

SENI
SENI pada hakekatnya expresi untuk menggambarkan keadaan yang dirasakan,entah itu buruk,baik,indah,jelek dll yang jelas isi dari yang dirasakan. in the future seni digunakan untuk menggambarkan ketertindasan karna keadaan pada zaman itu sangat keras. dibandingkan dengan sekarang seni digunakan sebagai hiburan semata dan dijadikan sebagai barang komoditas,..

Sab, 10 Nop 12 - oleh : F.
 

seni rupa terapan beserta pengertian dan gambar
pengertian dan gambar seni rupa terapan

Rab, 18 Apr 12 - oleh : fitri
 

g00d
lebih jelas lagi bwat kasih pengertian

Rab, 22 Feb 12 - oleh : irfanwith
 

pengertian seni
menurutku seni itu identik dengan keindahan atau seni adalah ketulusan dan kosentrasi jiwa memandang dan menghasilkan sesuatu yang indah dan bernilai

Sel, 21 Feb 12 - oleh : nova
 

pengertian seni
seni adalah ketulusan dan kosentrasi jiwa memandang dan menghasilkan sesuatu yang indah dan bernilai

Sel, 21 Feb 12 - oleh : nova
 

PENGERTIAN SENI MENURUT PARA AHLI
Pendapat seni menurut para ahli: 1. Menurut Alexander Baum Garton Seni adalah keindahan dan seni adalah tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan. 2. Emanuel Kant Seni adalah sebuah impian karena rumus rumus tidak dapat mengihtiarkan kenyataan. 3. Menurut Leo Tolstoy Seni adalah menimbulkan kembali perasaan yang pernah dialami. 4. Menurut Aristoteles Seni adalah bentuk pengungkapannya dan penampilannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan dan seni itu adalah meniru alam. 5. Ki Hajar Dewantara Seni merupakan hasil keindahan sehingga dapat menggerakkan persasaan indah orang yang melihatnya, oleh karena itu perbuatan manusia yang dapat mempengaruhi dapat menimbulkan perasaan indah itu seni. Salam super - http://www.lukisanminimalismur ah.com

Sel, 01 Nop 11 - oleh : LUKISAN
 

budaya
indonesia mempunyai brpa budaya???????????

Rab, 27 Jul 11 - oleh : mega
 

pengertian seni tu ap ?
pengertian seni menurut para tookohnya tu apa apa jak si ??

Rab, 27 Jul 11 - oleh : Barcelonanista
 

art
huch cham t'dha yk z cri

Min, 24 Jul 11 - oleh : cweet
 

seni
ayolah yang lebih jelas laghi

Sab, 11 Jun 11 - oleh : PANJI
 

seni dramanya mana
seni drama juga tidak lupa sangat diperlukan dilingkungan sekolah, coz para guru bahasa Indonesia masih banyak yang enggan membahas lebih detail mengenai seni drama,coz kekurangan bahannya kale ya.....

Sel, 18 Jan 11 - oleh : aren
 

pengertian seni menurut para ahli
susah bgeett di cri.. aduhh maw pinggsan aq.. huft... pusingggggg..:(

Min, 24 Okt 10 - oleh : elis
 

kesenian terabaikan
indonesia memang mempunyai banyak kesenian tetapi tidak pernah terkover oleh kesatuan budaya sehingga terabaikan dengan sendirinya, seandainya dinas terkait memperhatikan itu, kan bisa di komersilkan buat provit devisa yang bisa di tonkolkan ke dunia internasional tuh...heee, hidup lah n maju terus kesenian indonesia

Min, 10 Okt 10 - oleh : edi
 

art
knp gk da pengertian seni budaya cie

Rab, 06 Okt 10 - oleh : diah
 

dEfinisi seni
aOndt hadtu.a dEfinsi Seni tte... tLOnk donk Ksh tAu..!

Sel, 10 Agu 10 - oleh : tEpz_Ibro'
 

definisi seni
tolong donx kasi tau semua definisi seni yang ada..

Rab, 28 Jul 10 - oleh : kiki
 

seni budaya
apa seni budaya itu??

Sel, 27 Jul 10 - oleh : Vestilany
 

pengertian seni
pengertian seni menurut para ahli cooo sush skli di cri.x

Sab, 24 Jul 10 - oleh : asdar
 

Pendapat para tokoh
Mana siech.. aq tuch butuh pendapat para ahli tentang kesenian kok gug da ea?? pusienk eunk dari tadi nyari nyari.. terus muter- muter dari tadi gug dapet- dapet.. huh..

Kam, 22 Jul 10 - oleh : arsy
 

seni budaya
kenapa g ad pengertian tentang seni pada harmoni sichh

Min, 18 Jul 10 - oleh : cute
 

seni
bagaimana kita bisa membuat seni yang dapatembuat orang menjadi bahagia?

Kam, 25 Feb 10 - oleh : hendrik
 

pengertian seni tari menurut para ahli
hadooow..... mana pengertian menurut para ahli nich... gguw butuh 5 menurut para ahli cmaa guruu gguw.....

Jum, 22 Jan 10 - oleh : ANNISA
 

pendapat tentang pengertian seni
seni merupakan ungkapan perasaan sesorang yang memiliki nilai estetis yang dibuat untuk memenuhi rasa apresiasi jiwa dan menginginkaan suatu kemanfaatan bagi orang lain, sesuai perkembangan ilmu pengetahuan saat ini.

Min, 22 Nop 09 - oleh : TITA
 

seni paling ribet
seni budaya emnkn bkin psing kpla iaa ,pa lagi klw ga pnya ktrunan seni.... tapi klw bljr si pasti bisa , dn harus brsha apa lgi bwt ank jmn ckrng , hrus bnyk bljr seni .... ank ckrng ja pda ga bsa nyayi lgu wjib .... iaa kn ,,,,....,,,

Kam, 29 Okt 09 - oleh : asddak
 

HadoOh,,
9imana nie Q butuh pen9ertian seni para ahli yang byk,, ko gag ada cie???

Rab, 28 Okt 09 - oleh : indrie,,
 

pengertian seni menurut para ahli
ba'a kok ndak adoh ko?????

Sel, 20 Okt 09 - oleh : andrie
 

Kangen
WIR opo kowe wes lali karo koncomu iki IKIP MALANG 97

Kam, 15 Okt 09 - oleh : YUDHA
 

ribet
mana pengertian seninya? qw dari tadi muter2 kug nggk ketemu2 jg...........huhu...T_T

Sen, 28 Sep 09 - oleh : imazz
 

seni budaya
apa sech bedanya seni ama kebudayaan itu.and makasih yu'a zoal pengertian seni nya....

Sab, 01 Agu 09 - oleh : vell_yne
 

seni is beautifull
boleh tau arti seni rupa/seni budaya nya aja gak???

Kam, 30 Jul 09 - oleh : naya
 

pengeertian seni
apa sih pengertian seni menurut para ahli.kok susah dapetinnya.tolong dikasih tau ya.ni tugas penting banget

Sen, 27 Jul 09 - oleh : nike
 

karakteristis ilmu sejarah
yang ane maksud bukanpengertian seni secara umum ut karakteristik ilmu sejarah!!!!!!!!!!!!!! thank's tas kesalahannya.................. .

Jum, 24 Jul 09 - oleh : renti
 

seluk beluk seni indonesia
dewasa ini tulisan tentang seni masih kurang alis kurang membumi. semoga anda masih tergerak untuk terus menulis...menulis...dan menulis. oya kalau bisa tulis tentang seluk beluk seni di indonesia dong. itu materi penting menurut aku untuk mempelajari seni lanjutan.

Sen, 23 Feb 09 - oleh : rame
 

apresiasi seni
apakah manfaat apresiasi seni bagi mahasiswa??

Sel, 06 Jan 09 - oleh : LIA
 

mazz
mazz,qu mw tx pengertian apresiasi seni ntoe appa?? tolong di balas... tugas skul... txh...

Rab, 26 Nop 08 - oleh : dien
 

seni
tolong pengertian seni menurut para ahli,carinya dimana?

Sel, 25 Nop 08 - oleh : husain
 

thanks ya..
pengertian menurut para ahli ads disitus mana sch.. tugas gw ga selesai2 gara2 ga dapat situsnya.

Jum, 07 Nop 08 - oleh : anthon
 

mN niCh mENURUT PArA aHLi Nya ?
pengertian seni menurut para ahli nya kok gax da ceh ?

Sel, 28 Okt 08 - oleh : rhean
 

hmm...
menurut saya seni hanya sekedar ekspresi seseorang yang tergampar atau terlapir lewat sesuatu yang memunculkan khas yang unik. sehingga orang akan menganggap itu bagus,unik,dan lain dari pada yang lain.

Kam, 23 Okt 08 - oleh : silvi
 

pengertian seni
kenapa sih kok pengertian seni menurut para ahli sulit dicari

Rab, 22 Okt 08 - oleh : agus
 

excellenzzzzz
wow super kwendz !!!!!!!!!!!!!!

Sel, 21 Okt 08 - oleh : leonard
 

seni
maksih yaa artkel y,,,ne suangat m-bntu qu ngerjain tugs... berniatlah membantu wwalau qta tak pernah di minta tuk membantu.thank's

Sen, 20 Okt 08 - oleh : dayat
 

bagUzzzzzzz
thank yup wat asrtkL ny,,cz bsa nambn tgs saya

Sel, 16 Sep 08 - oleh : echi
 

pingin kasih comment aza
kalo niat buat website, kasih lay out nya yang warna-warni dunkzz, biar diliatin orang banyak, thanks. semoga commentQ bermanfaat...

Jum, 29 Agu 08 - oleh : mBohH......
 

para ahli
yg gue mksud ntu pengertian seni mnurut para ahli,,, koq yg dpat juzt one sieh??!! tp,,,gpp dh.. thaX y??? ^^

Jum, 08 Agu 08 - oleh : Ea
 

900d
THANX5 YA,,,,,,!!!!!!!!!!!

Sel, 05 Agu 08 - oleh : KHAVYD
 

makcih yawww!!!!!!!!
aduh makacih bgt yaww atas artikel nya karena ene bikin aqw jd cepet ngerjain tugas nya ................thank's bgt by........ by............ by.........!

Sen, 04 Agu 08 - oleh : nie_moets
 

seni
partisipasi apa yang sudah anda lakukan? V

Kam, 31 Jul 08 - oleh : dhani
 

bagUz
makacii ea... ataz artikle anda ttg seni rupa ini... agko jadi isa ngerjaindt tugaz seni dee. makacii ea...

Sel, 22 Jul 08 - oleh : ceUek
 

seni
bagaimanakah cara melestarikan kesenian di era globalisasi ini? trim's

Sel, 27 Mei 08 - oleh : MURDANA
 

Hidup Seni Rupa
Pada posisi tertentu Indonesia butuh banyak artikel tentang seni, terutama seni rupa. Potensi seni rupa Indonesia di kancah seni dunia cukup menonjol. Banyak maestro lukis yang mengharumkan nama bangsa. SAayang banyak institusi pendidikan yang kurang mengembangkan wawasan seni anak didiknya. Ceiyoooo. Terus maju seni rupa.Bravo

Sel, 29 Mei 07 - oleh : JokoDwiatmoko
 

Formulir Komentar | Aturan >>

Nama
Email
Judul Komentar
Komentar
Login
Username:

Password:

  Registrasi?
Select One Theme :
Selamat Datang Tamu!
Guest(s)online: 5

No Members are currently logged in.
  Sn Sl Rb Km Jm Sb Mg
>     01 02 03 04 05
> 06 07 08 09 10 11 12
> 13 14 15 16 17 18 19
> 20 21 22 23 24 25 26
> 27 28 29 30 31    



Kegiatan Minggu ini

Tidak ada kegiatan minggu ini


Cari kegiatan...



Kegiatan Hari Ini

Tidak ada kegiatan hari ini
Links Exchange






RSS




Nama*
Email
Pesan*
Code
   *wajib diisi

Arsip Berita
April 2005
Mei 2005 20 
Juni 2005
Juli 2005
Agustus 2005
September 2005 10 
Oktober 2005
Nopember 2005
Desember 2005
Januari 2006
Februari 2006
Maret 2006
April 2006
Mei 2006
Juni 2006 10 
Juli 2006
Oktober 2006
Februari 2007
Maret 2007
April 2007
Mei 2007 10 
Juni 2007
Juli 2007
Agustus 2007
September 2007
Oktober 2007
Nopember 2007
Desember 2007
Januari 2008
Maret 2008
Mei 2008
Juni 2008
Juli 2008
September 2008
Nopember 2008
Januari 2009
Februari 2009
Maret 2009
Juni 2009
September 2009
Desember 2009
Januari 2010
April 2010
Mei 2010
Juli 2010
Agustus 2010
September 2010
Juni 2011
Oktober 2011
Nopember 2011
Februari 2012